VSCOCam, The Best Photo Editor Application

01.30

VSCO Cam merupakan aplikasi rilisan dari Visual Supply Co. Aplikasi ini tercipta karena keterbatasan filter dan tidak adanya pengaturan warna, contrast, exposure, dan lain-lain pada Instagram yang membuat para developer menciptakan aplikasi smartphone yang berfungsi untuk mengedit foto-foto jepretan kamu sebelum di-upload ke Instagram. VSCO cam adalah aplikasi yang sedang hits di Indonesia maupun dunia. Dengan VSCO Cam kamu bisa mengedit foto layaknya fotografer professional dengan warna-warna vintage cerah ataupun bergaya gloomy.

Lebih dahulu tenar untuk perangkat iOS

Aplikasi VSCO Cam ini hadir untuk perangkat Android setelah membuat debut yang luar biasa pada operating system iOS sejak 2012. Di Google Play sendiri, sejak kemunculannya di 2013 lalu, hingga kini sudah mencapai 10 juta download. Kabarnya dalam waktu dekat aplikasi ini juga akan tersedia untuk perangkat Windows Phone.
Kekuatan aplikasi VSCO Cam terletak pada tingkat beragamnya kustomisasi yang menawarkan banyak sekali preset mengubah sepanjang spektrum warna, yang berarti kamu bisa menggunakan banyak sekali filter foto untuk mengubah gambar. Aplikasi ini gratis untuk di-download tetapi juga menawarkan pembelian filter di dalam paket preset.

5 fitur andalan di dalamnya

Ketika membuka aplikasi ini, pengguna akan langsung melihat lima fitur utama yang terdapat di dalamnya, yakni:

1. Grid

VSCO Grid merupakan wadah yang disediakan oleh VSCO bagi para penggunanya untuk saling berbagi foto dengan pengguna lain, dengan melakukan sign up terlebih dahulu. Kamu juga akan memiliki akun galeri pribadi di website VSCO Cam. Namun sayangnya belum ada fitur untuk memberikan komentar ataupun like pada galerinya.

2. Journal

Journal merupakan vitur seperti halnya newsletter yang memberikan kamu beragam informasi tutorial, inspirasi kreatif, interview, dan beragam info lainnya.

3. Setting

Setting digunakan untuk mengubah posisi penempatan tool dan juga preset, serta mengatur networking dengan beberapa jejaring sosial (Instagram, Facebook, Twitter, Google+). Jadi selain fitur-fitur gratis yang disediakan langsung di fitur editing, VSCO juga menyediakan beragam preset dan tools yang jauh lebih banyak dan lebih menarik yang bisa kamu download lewat In-App Purchase Store-nya. Pengguna bisa membelinya atau bisa juga download beberapa pilihannya dengan gratis.

4. Gallery

Pada fitur ini kamu bisa mengimport photo alias memasukkan file dari galeri di handphone kamu. Namun sayangnya VSCO Cam hanya terbatas menerima ukuran dengan resolusi standar dan tidak bisa mengimpor dengan resolusi besar. Kamu juga bisa melakukan proses editing, dalam aplikasi versi Android pengguna akan dapat menikmati 10 preset (mulai dari vivid color hingga black&white) juga ditambah beberapa tool editing (exposure, temperature, contrast, dll). Setelah melakukan editing, kamu juga bisa mengeshare foto yang telah diedit tersebut ke akun Google+, Instagram, Facebook, Twitter, Weibo, VSCO Grid℠, dan juga disimpan di galeri.

5. Camera

Pada fitur ini terdapat sedikit perbedaan antara VSCO Cam versi iOS dengan Android. Ada beberapa tool yang tidak tersedia di Android seperti two-finger split focus dan materingkarena mayoritas perangkat Android juga tidak mendukung spot matering. Padahal kedua tool ini memberikan keistimewaan pada pengguna untuk mengatur fokus kamera dan pencahayaan.

Kesimpulan

Bagi para maniak foto yang menggunakan smartphone, aplikasi ini dapat menjadi jawaban untuk edit foto layaknya kamera professional dengan banyaknya preset yang disediakan dan kemudahan menggunakannya.
Dibandingkan dengan aplikasi edit foto sejenis (saya sebelumnya menggunakan Line Camera, dan Photo Grid), VSCO Cam unggul dengan preset yang beragam dan dapat memungkinkan pengguna melihat hasil jepretan pengguna lainnya.

PLUS:

  1. Desain yang bagus dan interface sederhana.
  2. Banyak filter yang tersedia, bahkan akan lebih komplit juga kamu melakukan pembelian di in-App Purchase.
  3. Dengan adanya VSCO Grid, publikasi foto makin leluasa.
  4. Fitur editing yang tidak ketinggalan jaman.

MINUS:

  1. Ukuran gambarnya terbatas, itu berarti meskipun desain-nya apik dan profesional, pengguna tidak bisa mem-publish gambar dengan resolusi besar, tapi untuk keperluan share di media sosial sudah cukup memadai.
Ini nih contoh foto - foto di galeri handphone aku yang aku edit di aplikasi ini. Recommended banget buat kalian yang suka fotografi!





You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe